Menjelajahi Keajaiban Arsitektur Eropa: 10 Bangunan Keren yang Wajib Kamu Lihat!

Menjelajahi Keajaiban Arsitektur Eropa. Hai, hai! Eropa tuh gede banget, bro! Ada 50 negara, gak bisa diabaikan deh. Pasti kamu setuju kalo Eropa punya banyak jagoan yang bikin jutaan turis ngebet dateng tiap tahun. Tiap negara punya ciri khas budaya, bangunan, dan tradisi sendiri, nih. Arsitekturnya keren banget dan budayanya masih warisan terjaga sampai sekarang. Eropa tuh bener-bener surganya para pencinta bangunan, dari biara-biara klasik sampe kastil modern yang canggih. Arsitekturnya macem-macem, paling unik dan paling oke lah di seluruh dunia. Yok, kita cek 10 bangunan keren di Eropa, bro!



10 Bangunan Keren yang Wajib Kamu Lihat!

Hai, hai! Perancis itu udah jadi rumahnya Menara Eiffel yang terkenal banget di Paris, gak bisa dianggap remeh. Tapi, tau gak sih, sebelum ada Menara Eiffel, Monumen Arc De Triumph sudah jadi ikon lama di tengah-tengah Bundaran Place Charles de Gaulle di Paris. 

Monumen keren ini jadi favorit banget di Paris dan gapura terbesar yang pernah ada. Dibangun buat mengenang kemenangan sang Napoleon di tahun 1806. 

HBD, Om! Monumen ini bukan cuma bersejarah, tapi juga punya banyak patung yang ceritanya tentang revolusi dan hal penting lainnya. 

Di sini ada api abadi dan museum yang isi sejarah banget. Puncak monumen ini ngasih pemandangan indah buat liat kota Paris. Ngga cuma itu, ada juga lambang patriotik buat mengenang pahlawan yang gugur pas Perang Dunia Pertama.


Hai, hai! Katedral Sagrada Familia itu, bro! Lu pasti bakal kagum abis ngeliat keindahan bangunan Katedral ini. Selain bentuknya yang menakjubkan, cerita dan sejarahnya juga nggak kalah bikin heboh. 

Bangunannya dibikin hampir 150 tahun, lho! Tempatnya ada di tengah kota Barcelona dan tiap tahunnya jutaan orang dateng. Sagrada Familia ini masterpiece dari Antoni Gaudí.

Katedral Katolik Roma ini udah punya sejarah lebih dari seratus tahun, dimulai dari tahun 1882, dan diperkirakan baru kelar tahun 2026. Jadi, bakal lebih lama dari bangun Piramida Mesir dan Taj Mahal, nih.

Cek, contohnya Piramida Mesir, dibangun cuma dalam 20 tahun. Nah, kalo Sagrada Familia, ini proyeknya betul-betul butuh duit sumbangan. Makanya si Dodi bikinnya pelan-pelan dan ngajak orang buat sumbang juga. 

Bangunannya punya struktur kuat dari pilar besar yang kaya pohon. Setiap pilar dihiasin patung kura-kura, simbol keseimbangan antara daratan dan lautan.

Awas, nih! Air Mancur Trevi, atau yang dalam bahasa Italia disebut Fontana di Trevi, adalah kolam air mancur raksasa di Roma, Italia. Dari semua air mancur di Italia, yang ini paling gede dan terkenal. 

Jadi, wajar aja banyak orang datang buat lempar koin, moga-moga hoki, gitu. Berdiri sejak tahun 1732 atas perintah Paus Clemens XII, dirancang oleh Nicola Salvi. Selesai tahun 1762. 

Ada di ujung Aqua Virgo, saluran air kuno yang pasokan airnya udah berjalan selama 400 tahun. Ukurannya nggak main-main, tinggi 26,3 meter dan lebar 49,5 meter. Ada patung-patung di kolamnya yang gambarnya nyeritain soal kendaliin air dan udara.

Katedral Milan, yang juga disebut Duomo di Milano, itu lho, katedral Gothik keren di Eropa Utara. Ada menara gede setinggi 109 meter di Piazza del Duomo, ini karya seni Gothik banget. 

Buat nyampe atapnya, bisa naik lift atau tangga. Bisa liat pemandangan kota dari atas menara. Di dalamnya banyak karya seni, dari lukisan sampe patung yang ceritain soal agama.

Nih, duh, di Jerman ada Katedral Köln yang juga dikenal sebagai Kölner Dom. Ini Katedral Katolik terbesar di Eropa Utara dan jadi simbol kota. 

Mulai dibangun dari tahun 1248, bangunannya punya gaya Gothik. Punya menara kembar setinggi 157 meter yang bener-bener gede. Jelas banget ini jadi contoh arsitektur keren yang nunjukin kekristenan kuat selama berabad-abad.


Penutup

Pokoknya gitu deh, itulah tadi kalimat-kalimat yang udah diubah dikit supaya lebih asik. Kalo mau nanya lagi apa perlu bantuan lain, tinggal bilang aja!
LihatTutupKomentar